mandapa za

mandapa za

Jumat, 07 Februari 2014

ORANG PALING DIBENCI ALLAH

Sahabatku… Apakah ingin tau siapa orang paling di Benci Allah? Coba simak hadits berikut ini..

أَبْغَضُ العِبَادِ إِلىَ اللهِ مَنْ كَانَ ثَوْباَهُ خَيْرًا مِنْ عَمَلِهِ , أَنْ تَكُوْنَ ثِيَابُهُ ثِيَابَ الأَنْبِيَاءِ وَعَمَلُهُ عَمَلَ الجَبّاَرِيْنَ
=============
Hamba yang palig dibenci oleh Allah SWT ialah orang yang kedua pakaiannya lebih baik dari amal perbuatannya. Yaitu orang yang mengenakan pakaian para Nabi namun amal perbuatannya seperti orang-orang sombong. (Hadits riwayat Ad-Daelamiy dari Aisyah ra)

Oustaka : Al-Jami’e Shogir Al-Imam Jalaluddin As-Suyuti

Orang yang mengenakan dua pakaian, maksudnya ialah bahwa seseorang biasanya mengenakan dua jenis pakaian, pakaian secara lahiriyah seperti baju atau celana dan pakaian secara batiniyah seperti akhaq perbuatan sehari-hari.

Asal mula makna pakaian yang pertama akan kembali kepada mengenakan pakaian secara lahiriyah atau keadaan akhaq keseharian dari pandangan batiniyah. Makna pakaian kedua akan kembali pada identitas seseorang, seperti identitas pakaian Ulama, pakaian polisi atau tentara.

Orang yang kedua pakaiannya lebih baik dari amal perbuatannya. Pakaian pertama yang dikenakan yaitu pakaian secara lahiriyah seperti memakai pakaian ala Nabi dan Ulama, memakai gamis, sorban atau selendang. Pakaian kedua yang dikenakan seolah menunjukan seorang yang selalu rajin beribadah dan juhud. Namun akhlaq kesehariannya tidak jauh beda dengan perbuatan orang-orang sombong dalam kemaksiatan.

By Kang Dae

Tidak ada komentar:

Posting Komentar